Rabu, 14 Maret 2012

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog

Apa Manfaat dan Keuntungan Memilki Blog ?

Di era teknologi informasi yang semakin maju sekarang ini, kebutuhan untuk memiliki blog baik personal maupun bisnis semakin mendesak, bahkan menjadi keharusan. Karena komunikasi dan transaksi bisnis mulai beralih dari offline ke online.
Blog dapat diibaratkan sebagai rumah, toko, kantor, ataupun perusahaan di dunia maya. 
Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan blog yaitu Blogger, Wordpress, Multiply dan masih banyak lagi, baik yang gratis maupun berbayar.
Langkah selanjutnya kita hanya perlu mengisinya dengan artikel atau tulisan secara kontinyu, agar blog selalu up to date.

Beberapa manfaat dari blog.

Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang akan kita dapat dengan memiliki blog baik disadari atau tidak. Banyak orang yang telah memanfaatkan media blog untuk berbagai keperluan.
Berikut ada beberapa manfaat dari blog, tentunya menurut versi saya :


1. Sarana belajar menulis. Dengan memiliki blog kita dituntut untuk selalu menulis artikel apa saja (apalagi artikel unik) agar blog kita semakin seo friendly.  
Memang kita bisa mengambil bahan tulisan dari tempat lain. Akan tetapi menurut saya itu akan mematikan kreatifitas kita. Dengan menulis hasil pemikiran sendiri tentu daya pikir kita akan berkembang.


2.  Tempat curahan hati. Kalau dulu kita tumpahkan uneg-uneg atau suara hati sanubari ke dalam buku harian, maka seiring berkembangnya teknologi internet kita dapat menyimpannya ke dalam buku harian online, khususnya personal blog. Karena buku harian online akan menjadi konsumsi publik maka kita harus mengatur batas kerahasiaan isi atau materi.


3.   Sarana promosi profesi. Anda dapat mempromosikan diri Anda, profesi Anda, atau produk milik perusahaan Anda. Apabila Anda adalah seorang profesional yang bergerak dibidang jasa, Anda bisa menawarkan jasa Anda lewat blog. Demikian juga bila Anda memiliki sebuah produk, baik fisik atau digital. 
Anda bisa membandingkan biaya promosi lewat blog dengan media lain.


4   Sumber pengasilan. Disadari atau tidak telah banyak orang memperoleh hasil yang signifikan hanya dengan membangun sebuah blog. Bahkan ada sebagian orang baik di Indonesia maupun di luar negeri yang menggantungkan hidupnya 100% dari blog. Kita bisa mencarinya lewat internet siapa-siapa mereka.


Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari blog, Anda akan merasakan nanti setelah terjun mejadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger baik part time atau full time akan memperluas jaringan pertemanan dan juga bisnis. Pastinya...


Siapkah Anda menjadi seorang blogger ? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar