Rabu, 11 Mei 2011

Bisnis Online vs Bisnis Offline

Tak bisa dipungkiri bahwa akhir-akhir ini pertumbuhan internet / pengguna internet khususnya di Indonesia tumbuh sangat pesat. Bahkan telah menjadi semacam trend. Dari hasil survey "Buzzcity" dijelaskan bahwa per-Mei 2011 pengguna internet di Indonesia adalah 31 juta jiwa perhari. Bahkan akan terus bertambah.
Dari fenomena di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa bisnis online di Indonesia bertumbuh sangat pesat. Dan tentunya ini berarti peluang terbuka lebar bagi Anda yang punya keinginan membangun usaha via internet / bisnis online.
Kenapa bisnis online ?
Bagi Anda yang pernah atau berkali-kali membuka usaha atau bisnis offline baik konvensional maupun francise tentu pernah merasakan pahit getirnya perjuangan dalam membangun dan mempertahankan perusahaan Anda agar tetap solid.
Sebaliknya di bisnis online meskipun perjuangan tetap diperlukan tetapi tidak seberat perjuangan di bisnis offline.
Beberapa point berikut bisa dipakai untuk perbandingan:
1. Target Market.
Dengan bisnis online target market Anda lebih luas dan lebih tepat sasaran. Bagi Anda yang pernah bergelut di bisnis MLM misalnya, sasarannya pasti sekitar saudara serta teman-teman yang Anda kenal. Di bisnis online target market Anda adalah seluruh Indonesia, bahkan dunia apabila Anda menguasai bahasa Internasional.
2. Modal.
Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet, itupun apabila Anda tidak punya koputer pribadi, warnet bisa menjadi pilihan kedua. Masalah webhosting, selain yang berbayar masih tersedia yang gratis.
3. Resiko.
Rumus umum: modal kecil = resiko kecil.
4. Waktu.
Anda bebas menentukan sendiri, karena ketika bisnis online Anda sudah berjalan yang Anda butuhkan adalah optimalisasi agar bisnis online Anda terus berjalan dan berkembang.
5. Transaksi Realtime.
Teknologi online tidak hanya mampu menghubungkan Anda dengan orang-orang di seluruh dunia. Lebih dari itu memungkinkan terjadinya transaksi antar benua secara realtime. Bayangkan seandainya Anda harus mendatangi klien-klien Anda yang ada di luar negeri setiap hari.
6. Otomatisasi system.
Bisnis Anda akan bekerja nonstop 24 jam/hari secara otomatis.
Demikian gambaran sekilas tentang bisnis online versi saya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Karena ini adalah opini pribadi, tentunya masih banyak kelemahan dan kekurangan.
Saya tetap membuka diri untuk saran dan kritik yang sifatnya membangun.
Terima kasih.

1 komentar: